Have Fun in USS

image
Hasil hura-hura di USS.

Jalan-jalannya tiga tahun yang lalu. Tapi ceritanya masih tersimpan rapi sampai sekarang. Iya, kelamaan untuk di-share. Gpp ya posting cerita lama, tapi rasa manis kok.

Ini adalah salah satu kisah dari perjalanan lintas negara pertama yang saya lakoni di 2012. Sebenarnya peserta trip Singapore-KL ada tiga orang. Saya, Septy, dan Evan. Cuma si Evan batal pergi karena mesti liputan ke Shanghai.  Jadilah saya dan si Asep (panggilan Septy) jalan berdua aja. She said it was a “honeymoon trip”.

As usual, kami rem to the pong perkara itinerary. Banyak maunya. Banyak pengennya. Akhirnya jadi bingung sendiri. Gonta-ganti itinerary beberapa kali. Tapi semua berlalu ke akhir yang memuaskan semua orang. Di antara beberapa destinasi incaran di Singapura, Universal Studios Singapore (USS) masuk dalam daftar kunjung. Septy sih udah pernah ke sana, sedangkan saya belum. Tapi kami tetap ke sana karena tahun itu baru dibuka wahana Transformers dan Madagascar.

Kami ke USS di hari kedua. Berangkat rada pagi dari hostel di kawasan Bugis. Sebelumnya cari sarapan dulu di Sevel dekat Bugis Village. Saya makan mie instan. Kalau Septy udah duluan beli Subway. Lalu kami naik MRT menuju Vivo City, kemudian ganti naik Sentosa Express. Kalau bingung, ini panduan ke Universal Studios Singapore (USS).

Sepagi itu sudah banyak turis yang memenuhi kereta buat ke Sentosa Island. Kami turun di Waterfront Station lalu bergerak ke pintu masuk. Di bagian muka, si bola dunia bertuliskan ‘Universal Studios’ menjadi penerima tamu. Ikon kebangggan semua Universal Studios di penjuru dunia. Saat itu kami nggak foto-foto di depannya, karena kepengen cepat-cepat masuk, mumpung masih pagi dan belum ramai.

Di pintu masuk, kami langsung nunjukkin tiket yang sudah dibeli dari Jakarta. Dapat murah, cuma SGD 59, untuk tiket masuk USS juga Maritime Experiential Museum and Aquarium (MEMA). Beruntungnya punya kakak yang kerja di travel, doi ngontak travel agent di Singapura dan berhasil dapetin tiket murah. Thanks sista!

Memasuki USS, saya sedikit kebingungan. Bingung mau mulai dari mana. Dari depan aja sudah tampak menarik, karena USS sendiri punya tujuh area dengan tema berbeda. Ada Hollywood, New York, Sci-Fi City, Ancient Egypt, Lost World, Far Far Away, dan Madagascar. Walau cuma ada tujuh, tapi masing-masingnya luas banget. Dengan segala dekorasi dan detail interior yang disesuaikan dengan tema, membuat siapa aja punya banyak pilihan untuk bernarsis ria. Siapin banyak gaya dan pose unik selagi di USS. Lumayan kan buat stok profile picture di socmed.

Madagascar
Di bagian awal pengen naik wahana yang santai-santai aja dulu. Makanya kami memutuskan ke area Madagascar dan ngantri di wahana Madagascar: a Crate Adventure. Antriannya cukup panjang. Lebih banyak terlihat anak-anak dan orang tuanya. Ya karena ini wahana yang tepat buat anak-anak.

image
Dancing in Madagascar Boogie. Photo by Septiany Utami Dewi.
image
We heart King Julien.

Setingan di antrian lebih mirip kayak di hutan-hutan Afrika. Dengan tali-tali tambang, kotak-kotak kayu, dan tanaman-tanaman tropikal. Musik dengan irama nge-beat turut menepis kebosanan selagi menunggu giliran main. Karena hawa juga agak panas, di beberapa titik disediakan kipas angin. Makanya nggak berasa sampai kami akhirnya bisa bersua dengan Alex, Marty, Melman, dan Gloria.

Konsep Madagascar: a Crate Adventure sendiri serupa Istana Boneka di Dufan (Dunia Fantasi). Cuma dengan segi artistik dan kualitas efek 100 kali lebih baik dari milik Dufan. Saya dibuat kagum dengan segala patung warna-warni dan berbagai aksesorisnya yang dipajang di lantai atau menggantung di atas. Kalau saya seorang anak kecil, pasti sudah girang setengah mati. Biar pun nggak memacu adrenalin, tapi menurut saya sempatin aja main Madagascar. Sepertinya ada ceritanya, karena kedengaran dialog samar-samar. Tapi saya nggak terlalu merhatiin banget, karena saking sibuk lihat sana-sini.

Far Far Away
Keluar dari “Afrika” kami lantas menepi di negeri Far Far Away. Sudah ada Shrek dan Princess Viona yang menanti di kastil megah di depan sana. Aaahh.. Sukaaaa area ini. Masuk dunia dongeng dalam irama modern. Kastil besar yang menjadi panggung utama dari Far Far Away tidak hanya sekadar kastil. Di dalamnya terdapat teater 4D yang tentu saja menampilkan kisah si makhluk hijau yang buruk rupa bersama pasangan jiwanya, serta sahabat keledainya yang kocak. Lagi ini merupakan wahana yang pas bagi para bocah. Tapi saya dan Septy nggak bisa nahan diri untuk nggak masuk ke dimensi ajaib bersama Shrek and the gank.

image
Ya begitu deh, makin lama posenya makin nggak jelas..hihi.
image
Me and Shrek. Photo by Septiany Utami Dewi.
image
Anybody home?

Tapi sebelum menikmati Shrek 4-D Adventure, kami dibawa ke satu ruangan untuk menyaksikan pertunjukan interaktif Donkey LIVE. Ada layar yang nampilin Donkey, trus kita nyanyi-nyanyi bareng. Ada kuisnya juga. Sebenarnya sih ini cuma pengalihan saja supaya nggak bosan nunggu giliran nonton. Palingan cuma 10 menitan. Kemudian kami disuruh bergerak ke bioskop super besar di sisi lain.

Untuk posisi duduk di bioskop bebas saja. Siapa cepat dia dapat yang terbaik. Walau menurut saya sih nggak terlalu ngaruh juga. Overall pertunjukannya cukup seru. Saya sempat teriak di bagian ular yang mau matok. Abis kelihatan jelas di depan mata. Wajar dong langsung teriak..hehe. Bukan takut ya, cuma jijik aja.

Habis dari situ, saya agak lupa kami naik wahana apa. Mungkin makan dulu. Nah, soal maksi, saya suka makan siang kami. Menu salmon pesanan saya enak pisan! Sebagai catatan, pengunjung nggak boleh bawa makanan dari luar. Makanya di dalam USS tersedia banyak pilihan restoran. Di tiap areal tersedia resto. Kami pilih yang dekat Madagascar. Kalau harganya sekitar SGD 10-15. Rada mahal emang.

image
Menu salmon pesanan saya. Enak!
image
Photo by Septiany Utami Dewi.

Lost World
Abis itu kami naik Jurassic Park Rapids Adventure di area Lost World. Wahana ini kayak arung jeram. Berhubung akan kebasahan, si Septy antisipasi beli jas hujan dari vending machine, trus pakai buka sepatu segala. Kalau saya, woles-lah kalau basah. Tas juga anti air. Trus cuma pake sandal jepit. Let’s get wet!

Keseruan arung jeram ini bukan sekadar meliuk-liuk di lintasan air yang berarus deras menggunakan perahu karet bermuatan sekitar delapan orang. Tapi ada satu bagian yang bikin seru. A lil’ spoiler here. Ada bagian di mana perahu masuk di ruangan vertikal, semacam lift. Rada gelap. Tapi cuma bisa dengar orang-orang di perahu di atas tiba-tiba teriak. Ooo.. Ooo, what’s going on?

Sama sekali nggak bisa nebak, sampai akhirnya tiba giliran perahu kami. Makin lama perahu makin mendekati puncak, begitu juga dengan seekor dinosaurus yang makin mendekati kami, seakan ingin memakan kami. Aaaaaaaarrghhh… Saya teriak sambil nundukkin kepala. Cuma kepikiran akan disemprot air. Ternyata oh ternyata, bukan disemprot air, karena dalam sekejab perahu kami terjun bebas di perosotan air. Hah.. Nggak nyangka. Tapi lumayan mengerikan juga.

image
WaterWorld, salah satu pertunjukan aksi di area Lost World.
image
Areal untuk mengantri pertunjukan WaterWorld.
image
Seting di dalam areal pertunjukan WaterWorld.

Masih di Lost World, saya dan Septy sempat nyobain Canopy Flyer. Rada nggak penting sih mainannya. Wasting time antri dan nunggu lama buat main semacam kereta gantung ala-ala gitu. Daripada naik itu, mending nonton  WaterWorld. Kalau pernah nonton film Waterworld-nya Kevin Costner, pasti nggak asing pas memasuki areal pertunjukannya.

WaterWorld merupakan pertunjukan yang menampilkan aksi para stuntman yang ngelakuin adegan berbahaya, kayak lompat dari ketinggian, tembak-tembakan, aksi yang melibatkan api, serta adegan pertarungan. Seru deh. Kayak di film-film Hollywood. Cuma mesti dipastiin ada jam pertunjukan tiap harinya. Jangan sampai telat. Oh ya, waktu masuk, eh.. nggak jadi kasih tahu deh. Big spoiler ini. Nanti juga kalian akan tahu pas di sana. Cluenya, pick front row!

Ancient Egypt
Ancient Egypt is my favorite one, karena area ini seru banget. Ada dua patung Anubis raksasa dengan dinding super tinggi beserta ukiran Firaun. Eksotis sekali. Di sini ada satu wahana yang wajib dicoba, Revenge of The Mummy. Wahana ini membawa kita naik, turun, melewati belokan tajam, maju juga mundur dengan menaiki indoor roller coaster. Intensitas keseruan makin meningkat karena ruangannya sendiri gelap. Yes yes yes, sepanjang jalan kita nggak akan tahu trek yang akan ditempuh. All you have to do is scream as loud as you can and having fun.

Walau kedengarannya scary tapi seru banget kok. Tentu saja wahana ini jadi kesukaan kami. Saya aja ketagihan sampai naik dua kali. Sebenarnya nggak niat mau naik lagi, tapi karena udah nggak ada lagi yang pengen dinaikin, kami akhirnya balik lagi. Tapi kali ini cuma naik berdua aja. Iya, kereta seluncur yang bisa dinaiki beberapa orang cuma diisi kami berdua gara-gara nggak ada lagi yang main saat itu. Oke deh, sedikit tegang, tapi hayuk-lah. Yeeehawww!! Lebih seru ternyata! Pokoknya must try ya, guys.

image
Detail bangunannya membuat kita berasa di Mesir ya!
image
Ini juga keren sih. Dan tinggi banget.
image
Saya kurang tahu ini siapa dalam mitologi Mesir.

Si-Fi City
Next, we’re coming to Si-Fi City. Nah, di sini nih sumber keparnoan saya. Di kawasan ini ada roller coaster Battlestar Galactica yang sedari awal saya takuti. Karena cepat banget man jalannya dan nggak ada pijakan kakinya. Sebenarnya ada dua roller coaster. Yang satu lagi ada pijakan kakinya. Masing-masing melaju di treknya, tapi di satu titik ada momen keduanya akan berpapasan dan nantinya akan menciptakan sensasi (hampir) bertabrakan. Yang duduk paling depan sih yang akan sport jantung.

Dari awal memang pengen naik yang nggak ada pijakan kakinya. Emang lebih mengerikan. Saking parnonya, sebelum naik, saya hitung berapa kali turunan, berapa kali diputar, berapa lama durasi tiap satu kali main..hahaha. Sebagian diri saya ketakutan, banget. Di sisi lain, rasa penasaran juga sama kuatnya. But I always believe that better try then regret than never try and regret. Secuil keyakinan itu yang menuntun saya menuju antrian roller coaster, sambil diiringi detak jantung yang semakin mempercepat langkahnya. Oh gosh

15 menit kemudian, show time! Duduk paling belakang. Satu baris sama cewek yang juga sama parnonya karena belum pernah naik. Dari tancap gas sampai berhenti, I’m screamed, so loud! But hey, what can I say, it was fun! Extreme but fun. Bagian paling menegangkan sih pas turunan pertama yang super curam. Saat turun, kita disemprot asap gitu. Efeknya dapat banget. Tapi semua itu nggak seburuk yang dibayangkan. Pastinya nggak pakai nyesel. Cuma pas kemarin buka-buka situs USS, kok nggak ada roller coaster-nya. Malah ada Accelerator. Apa udah diganti ya gara-gara sering rusak?

image
Ini nih dua trek rollert coaster Battlestar Galactica. Saya naik di trek yang merah.
image
Yes, that’s Bumble Bee. Photo by Septiany Utami Dewi.
image
Septy and her new friend.
image
Mobil Bumble Bee juga dipajang di sini.

Dari roller coaster, rute lanjutannya pasti ke TRANSFORMERS The Ride: The Ultimate 3D Battle, wahana yang jadi incaran banyak pengunjung karena baru banget dibuka tahun itu. Makanya nggak heran lihat antriannya super panjang. Sejam lebih kami antri. Untungnya ruangan antriannya didesain keren banget. Ala-ala mesin, robot, dan gadgetgadget keren. Simbol Autobots di mana-mana. Oiya, sebelum masuk, pastiin foto di depan mobil Bumble Bee atau di replika Autobots.

Wahana Transformers sendiri membuat pengunjung mesti menaiki satu kereta, mungkin cuma diisi 12 orang. Kacamata 3D dipasang dan aksi dimulai. Sebenarnya kereta cuma bergerak ke kiri dan ke kanan, melonjak-lonjak, tapi pada satu tumpuan saja. Karena visualnya yang super fantastis, kita nggak bakalan berasa kalau cuma di situ-situ aja. Keren sih, dapat banget feel 3D -nya. Tapi jujur, saya lebih suka Revenge of The Mummy.

Hollywood & New York
Kemudian di zona Hollywood kami hanya berlalu sambil menikmati suasana. Nggak lama, karena langsung menyambar New York. Asyik ya, keliling dunia selama sehari. Dari Madagaskar, ke Mesir, mampir Hollywood, abra kadabra udah nyampe di New York.

Di kawasan New York, Septy ngajakin ke Lights, Camera, Action! Hosted by Stephen Spielberg. Sebenarnya ini hanya ngerasain efek spesial membuat badai dengan setingan New York. Dengan angin super kencang dan beberapa atribut pertunjukan yang berjatuhan serta kejutan kecil di akhir pertunjukan. Abis itu kami lanjut ngemil di KT’s Grill, resto dengan tema era 50-an. Lucu konsepnya. Ada juke box dengan musik Rock n Roll, trus di luar sana ada Marlyn Monroe lagi asyik berpose dengan pengunjung.

image
Photo by Septiany Utami Dewi.
image
Suasana ala New York.
image
My last photo shoot.

Salah satu sumber hiburan sepanjang hura-hura di USS ya banyak figuran yang berperan sebagai tokoh-tokoh terkenal. Dari tokoh kartun, super heroes, atau pun selebriti. Pada jam-jam tertentu mereka akan go public dan kita bisa bebas motret bareng mereka. Ada juga Street Entertaintment yang hadir di tengah-tengah sesuai areanya masing-masing.

Kami sempat nonton pertunjukan tari di New York dan lihat gerombolan pinguin bersama King Julien dan kawan-kawan dari Magascar joget-joget dalam sesi. Madagascar Boogie. Selesai show, kami antri foto bareng King Julien. We ♥ King Julien. Untuk info Street Entertaintment, termasuk daftar wahana, tempat makan per zona, bisa dilihat di masing-masing link yang saya kasih di atas.

Sebelum sore berganti malam, kami sudahi keseruan hari itu. Segala pengalaman dan rasa, dari deg-deg-an, basah kecipratan air, keringatan, capek, tapi lebih dominan senangnya. Walau sekarang makin mahal masuk USS, tapi mampirlah sekali-sekali. Kalau kata orang, belum afdol kalau ke Singapura tapi nggak ke USS.

Need to Know!
-Kenakan baju super nyaman selama berkunjung di USS.
-Pakai juga topi dan kacamata hitam demi menghindari sengatan sinar matahari yang berlebihan.
-Kalau malas antri, bisa beli special pass, dengan risiko biaya masuk makin besar.
-Di masing-masing wahana tersedia toko yang menjual aneka suvenir yang berkaitan dengan temanya. Yang keren sih toko suvenir di wahana Revenge of The Mummy. Cuma ya gitu, mahal pisan.
-Kebanyakan toko suvenir jual kaos, gantungan kunci, magnet, tumblr, cokelat, boneka, dll.

-PJLP-

Advertisements

6 thoughts on “Have Fun in USS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s