My Delicious Pumpkin Tart

image
My delicious pumpkin tart.

Memasuki postingan yang mengusung propaganda #MomiNat, proyek menulis blog bersama rekan seperjuangan di era perkuliahan. Misi sucinya adalah supaya kami rajin nulis, walaupun mesti berkutat dengan keriwehan pekerjaan yang selalu dan selalu dijadikan kambing hitam kalau alpa posting tulisan. Iya kan, Ne! 😉 Pesertanya berdua aja, saya dan Miss Innath. Mungkin ke depannya bisa nambah anggota, kami fleksibel aja kok.

Sebagai langkah awal, aturan dan regulasinya masih manusiawi. Tema tulisan perdana tentang “Share Own Recipe” dengan dealine penulisan hari ini, 9 Oktober 2015. See, baru mulai proyek aja tulisan dikerjain di waktu-waktu akhir..hehe. Kalau telat submit, mesti traktir nonton di bioskop pilihan si pemenang. Ya bukan pemenang juga sih. Maksudnya salah salah satu di antara kami yang sudah submit tepat waktu.

Baiklah, lets talk about food and cooking! Hubungan mesra makanan dan kegiatan masak-memasak itu jadi dua hal yang super menyenangkan bagi saya. Makan enak juga memasak bisa jadi mood booster. Serius! Makan enak mah saya jago banget. Tapi banyak yang sangsi saya bisa masak. Justru kalau jago makan tuh mestinya jago masak juga. Itu kata saya lho. Maksudnya biar gampang gitu, kalau pengen makan enak ya tinggal masak sendiri. Saya sendiri sih nggak jago-jago banget masak, tapi kalau di rumah sering didaulat jadi chef ke-2 setelah nyokap.

Dibanding masak makanan berat, saya lebih prefer bikin kue. Lebih doyan ngemil sih. Selama ini bisa bikin kue ini itu hasil ngintipin nyokap. Ada juga hasil eksperimen beberapa resep keluarga, terutama kue Ruumtard ala Oma Aya. Itu kue legendaris semacam pie susu yang cuma beberapa orang saja di keluarga saya yang bisa bikin. Tadinya sih pengen share resep itu, cumaaaa karena Ruumtard adalah resep turun-temurun, jadi pengen disimpan aja buat generasi Picauly selanjutnya. Maaf ya!

Sebagai gantinya saya punya Pumpkin Tart yang juga istimewa. Labu kuning yang identik dengan momen Halloween ini bisa disulap jadi kue nikmat yang bikin nagih. Cara buatnya pun cukup mudah, apalagi buat pemula. Bahan-bahannya bisa didapat dengan mudah di supermarket ataupun pasar tradisional. Yuk kita mulai masak!

Pumpking Tart

Bahan-bahan:

Labu kuning (jangan yang besar-besar)

Tepung Terigu

Gula Pasir

Telur

Susu kental manis

Mentega

Vanili

Bubuk kayu manis

Kismis

Keju parut

Note: Untuk takaran bahan-bahannya saya biasa nggak ditimbang. Biasanya disesuaikan dengan besar-kecilnya labu. Jadi dikira-kira aja.

Cara membuatnya:

– Labu dicuci dipotong-potong, tapi jangan sampai terlalu kecil. Kemudian bilas dan kukus hingga lunak sempurna. Biasanya sekitar 15-20 menit dikukus. Tingkat kelunakannya bisa dicek dengan menusuk isi labu dengan garpu selagi dikukus.

-Setelah matang, pisahkan isi labu dengan kulitnya. Efek dikukus, sehingga kulit labu akan terlepas lebih mudah. Jadi nggak perlu susah payah kupas kulitnya sewakttu memotong di awal.

-Labu yang telah kukus kemudian dihaluskan lagi. Gunakan saja garpu. Tapi jangan terlalu halus ya.

-Kemudian mulailah masukkan sisa baha. Di awali mentega, kemudian aduk. Disusul tepung terigu, gula pasir, telur, susu kental manis, vanili, dan bubuk kayu manis. Semua bahan dikira-kira aja. Jangan berlebihan. Untuk tepung jangan sampai membuat adonan jadi terlalu padat. Tekstur seperti bubur aja.

-Setelah semua tercampur, pindahkan ke piring pirex yang sudah dibalur mentega. Rada banyak aja menteganya. Taruh lagi mentega di bagian atas adonan, setelah itu masukkan oven dan panggang (sekitar 30-40 menit)

-Setengah matang, bisa taruh kismis atau pun keju parut di bagian atasnya. Tambahkan juga sedikit mentega. Lalu panggang kembali.

-Udah deh, nggak sampai satu jam, Pumpkin Tart sudah jadi tanpa kerepotan memasaknya. Enak dimakan sore-sore sambil seruput kopi atau teh.

Sekian pelajaran memasak dari saya. Semoga teman-teman bisa coba resep ini dan berhasil tanpa gosong atau kelupaan masukkin tepung. Tapi baik-baik ya pas potong-potong labu. Rada keras soalnya. Oke deh, see you another time in #MomiNat. Ciao!

-PJLP-

Advertisements

One thought on “My Delicious Pumpkin Tart

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s