24 Hours in Hoi An | Cantonese Assembly Hall

image
Cantonese Assembly Hall

 

Hoi An merupakan kota pelabuhan juga dagang yang punya peranan beberapa abad lalu. Kini rupanya cantik dengan bangunan-bangunan masa lalu yang sudah diperbaharui demi mengembalikan kejayaannya dulu.

Di awal kisah 24 Hours in Hoi An | Japanese Covered Bridge, saya sudah menyebutkan perihal lokasi dan cara untuk mencapai Hoi An. Termasuk untuk eksplorasi Kota Tua-nya. Di Kota Tua-nya sendiri terdapat beberapa bangunan yang wajib untuk disambangi, salah satunya Cantonese Assembly Hall. Salah satu yang tercantik di sini. Posisinya pun berhadapan langsung dengan jalan masuk menuju Old Town. Kalau kalian habis beli tiket di loket kecil dekat jembatan, nah Cantonese Assembly Hall bisa dicapai dengan jalan lurus sejauh 100 m dari jembatan tersebut.

Berada di jalur pertigaan, serta gapura penuh ukiran sebagai tampak depan, membuat Cantonese Assembely Hall atau disebut pula Quang Trieu Assembly Hall tak sulit untuk ditemukan. Apalagi, kerap para wisatawan sering memasukinya, sehingga kerumunan orang di dalam akan menarik minat mereka yang di luar. Waktu itu hujan mengguyur Hoi An. Beberapa kali. Termasuk waktu kami sedang bertamu di Cantonese Assembly Hall. Mari kita telusuri lebih dalam. Rumah ini dibangun berdekatan dengan Cau Pagoda (di 176 Tran Phu Street).

image
Gerbang masuk Cantonese Assembly Hall.

 

image
Patung naga dari porselen.

 

image
Lorong cantik dengan dominasi warna merah dan emas.

 

Dibangun pada 1885 oleh pendatang dari Cina, tepatnya dari Guangdong (Kanton/ Cantonese). Pada awalnya, rumah ini didedikasikan untuk Bunda Suci Thien Hau, kemudian Quan Cong, lantas bagi orang bijak yang berasal dari Guangdong. Dulunya, rumah ini menjadi tempat untuk berkumpul serta beristirahat bagi nelayan dan pedagang dari Cina. Biasanya mereka saling bertukar barang atau kerap disebut barter. Tercatat bahwa pada masa itu ada dermaga yang letaknya tepat di depan rumah, makanya begitu mudah untuk disambangi orang.

Dari segi arsitektur, bangunan ini memiliki tiga pintu gerbang dari batu dengan empat pilar sebagai penyokongnya. Empat karakter Cina (Quang Trieu) tercitra pada tiga pintu masuk tersebut. Di bagian atap dapat disaksikan ukiran serta porselen-porselen yang dihiasi gambar naga, singa kecil serta bunga lemon. Dikenal dengan air mancurnya yang berada di tengah lokasi. Bukan sembarang air mancur karena di situ terdapat patung naga yang dibuat dari porselen. Naga yang meliuk-liuk di dalam kolam air mancur nampak sebagai penjaga altar yang berada di belakangnya. Sebenarnya Cantonese Assembly Hall cukup asri. Karena di pinggir-pinggir kolam disertai kursi taman. Pohon-pohon hijau yang tak begitu rimbun turut meramaikan suasana. Kalau nggak lagi hujan sih pasti nyaman sekali duduk-duduk di situ.

image
Hio-hio lucu bentuk spiral.

 

image
The beauty of temple.

 

image
Photo by Eka Eldina.

 

Altar dan meja sembahyang tentu saja didominasi warna merah dan emas. Penampakannya seperti altar-altar pada umumnya. Cuma satu yang menarik sih adalah hio-hio berbentuk spiral yang tergantung di langit-langit bangunan. Saya baru kali itu melihat hio sebesar dan selucu itu bentuknya. Dalam keadaan terbakar, otomatis satu area terhembus baunya yang khas itu. Tak nggak masalah sih, karena areanya sendiri open-air, jadi nggak sesumpek itu sirkulasi udaranya. Ah, jadi ingat waktu tur Imlek di Petak Sembilan. Sampai nangis-nangis di dalam kuil karena saking perihnya kena asap lilin.

Well anyway, penjelajahan di Cantonese Assembly Hall tak berlangsung lama. Karena kami hanya punya waktu sebentar di Hoi An, makanya perjalanan pun mesti dilanjutkan ke Old House Tan Kyi yang menjadi salah satu objek wisata sejarah yang wajib dikunjungi.

More info about Hoi An Tourism:

http://hoian-tourism.com

-PJLP-

Advertisements

5 thoughts on “24 Hours in Hoi An | Cantonese Assembly Hall

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s