In the Mood of TV Series

image
So many list!

Beberapa waktu terakhir rekan nge-blog saya, Miss Innath lagi kecanduan nonton Arrow dengan Oliver Queen yang super seksi itu. Hampir tiap malam dia absen ngobrolin tentang Arrow dan ceritanya yang makin pelik, ditambah berbagai detail mengenai sosok Oliver yang anti-hero nan playboy. Itu belum seberapa. Dia juga lagi seru-serunya nonton House of Cards. Karena saya memang nggak ngikutin, akhirnya bertebaranlah spoilerspoiler minim mengenai kedua serial ini. Melihat fenomena Inne yang heboh nonton dua serial ini, saya kemudian mengusulkan untuk membahas TV Series sebagai topik #MomiNat berikutnya. Dan dewan #MomiNat pun mengetuk palu untuk tema tersebut.

Lets talk about TV series. Dibandingkan film, hasrat saya untuk menonton serial televisi tidaklah sejumawa untuk menyaksikan tontonan layar lebar. Daftar panjang film-film yang ingin ditonton lebih menarik untuk segera direalisasikan demi mengurangi list yang panjang ketimbang mengikuti episode demi episode cerita dalam TV series. Sebenarnya sih alasan utamanya karena kalau sudah melewatkan satu atau dua episode, yang ada saya langsung malas untuk melanjutkan. Nggak enak kan mesti bolong-bolong nontonnya. Tapi sih ada beberapa yang tetap saya nonton, karena memang sudah terlanjur suka.

Televisi bisa dikatakan teman terbaik saya kalau ingin me time. Saya melewatkan banyak waktu dengan duduk dan menikmati tiap tontonan karena itu adalah salah satu hal menyenangkan untuk dilakukan. Bukannya nggak suka bergaul dan bersosialisasi, cuma ada kalanya saya sungguh menikmati nggak ke mana-mana tapi cuma nonton televisi aja sambil leyeh-leyeh di kasur.

Nonton serial televisi tuh bisa jadi candu. Asli. Mengandung zat adiktif banget serial tv. Ada momen-momen di mana saya menghabiskan waktu dari niatnya nonton satu episode, tiba-tiba udah lebih dari lima. Nggak sadar udah subuh aja akhirnya berkurang waktu tidurnya, lantas jadi zombie seharian di kantor.

Sesungguhnya saya adalah penikmat segala tayangan televisi. Apa saja ditonton. Banyak banget! Tapi pada akhirnya ada seleksi yang membuat saya lebih fokus untuk menikmati beberapa judul yang memang punya kualitas lebih baik dari yang lain. Kebanyakan memang yang bertema komedi. Pada akhirnya kita memang membutuhkan yang bikin ketawa karena hidup sudah penuh dengan drama. Tsaahh…

Untuk TV Series lokal, saya nggak bisa berujar banyak. Karena tahu sendiri kalau produk dalam negeri dominan dengan sinetron dan komedi situasi yang dipaksakan humornya. Akhirnya lebih memilih untuk menikmati tayangan dari Hollywood.

Hollywood sudah mengeluarkan ratusan mungkin ribuan serial. Banyak yang bagus. Tapi saya hanya punya beberapa judul yang membekas dan nggak akan pernah bosan untuk disaksikan lagi dan lagi dan lagi.

•Friends

4d06cdf67780ec0e_Street-promo-front.xxxlarge
Best friends with so many silly moments.

Siapa coba yang nggak menikmati serial ini? Persahabatan Rachel, Monica, Phoebe, Chandler, Ross dan Joey seakan mengikat penonton untuk terus menyaksikan alur cerita yang naik turun selama 10 musim. Ditonton berulang kali juga nggak akan pernah bosan. Walau ada kisah drama, romansa, tapi unsur komedi akan selalu dominan di setiap episode Friends.

•How I Met Your Mother

maxresdefault
One of my favorite.

Kembali kisah pertemanan penghuni Kota New York menjadi tema dasar serial ini. How I Met Your Mother mengangkat kisah mengenai Ted Mosby yang bercerita kepada kedua anaknya bagaimana ia bertemu dengan ibu kedua anaknya. Kisah itu diuraikan lewat 10 musim dengan pendukung cerita adalah sahabat-sahabatnya, Marshall, Lily, Barney dan Robin.

Berbeda dengan Friends, serial ini menurut saya lebih ngena sih. Karena banyak banget tagline dan hal-hal yang bikin penonton selalu teringat-ingat serial ini. Dari cara penceritaan yang unik, terkadang alurnya maju-mundur dan bikin saya penasaran banget akan sosok istrinya Ted Mosby. Belum lagi melihat kelakuan dan kebiasaan-kebiasaan para pemerannya yang selalu bikin hahahihi maksimal. Sekarang sih saya lagi nonton ulang serial ini, karena kangen aja melihat aksi lima orang ini.

•The A-Team

image
The big four.

Teng treng teng… teng teng teng *humming The-A Team theme song. Memorable banget yah opening song-nya. Ini jadi tontonan wajib zaman masih duduk di bangku SD. Ketularan nonton ini karena papa saya doyan nonton juga. Trus setelah udah mulai paham ceritanya, jadi makin suka dengan performa Hannibal dengan cerutunya, Face yang selalu charming, Murdock yang gila, serta B.A yang berotot tapi takut naik pesawat. Adegan favorit saya adalah setiap kali lihat B.A ditipu dan dibius untuk naik pesawat. Trus trus, saya juga suka melihat tim eks militer ini merakit barang-barang untuk menjadi alat tempur mereka. Kreatif dan unik.

•The Nanny

image
The Nanny and the gank.

Hallo Mr. Shefield. Itulah sapaan khas Fran ‘The Nanny’, pengasuh tiga anak yang tampil dramatis dengan rambut ikal mengembang dengan busana blazer dan rok mini dengan corak dan warna berani. Situasi komedi ini cukup menggelitik karena suara Fran yang begitu melengking dan sebenarnya sih annoying, apalagi cara ketawanya. Ingat banget tiap Kamis malam nungguin The Nanny ditayangin di SCTV, tepat sebelum Charmed.

•Sex and the City

sex_and_the_city_3_67515
Have you met Samantha, Miranda, Charlotte and Carrie?

Satu lagi serial yang sebenarnya terlalu mengeksploitasi seks tapi bagaimanapun selalu tampak menarik untuk diikuti. Sedikit lelah ya melihat kisah percintaan dan nafsu empat wanita cantik ini. Walaupun pada akhirnya semua menuju akhir yang bahagia. Suka banget sama gaya busananya Carrie yang kadang-kadang beyond your imagination tapi tetap keren.

In the Name of Memory:

Sedikit nostalgia, ada juga beberapa serial televisi yang menemani masa kecil dan remaja saya. Padahal mestinya sih belum cukup umur untuk menikmati tontonan ini. Here are my list:

•Mission Impossible

6a00d8341c2c4f53ef0120a93da8ac970b
Before Tom Cruise took over the franchise.

Sebelum Tom Cruise menjadi agen IMF yang begitu ikonik dari franchise Mission Impossible, saya sudah kecantol dulu dengan versi televisinya. Ini ketularan karena orang rumah saya doyan banget nonton ini. Mungkin ini titik awal saya suka film atau serial bertema agen dan mata-mata.

•Knight Rider

showposter
I guess Transformers got inspired from this series.

Zaman dulu mah udah keren banget lihat mobil bisa ngomong. Canggih banget untuk ukuran serial yang ditayangin era 80-an.

•MacGvyer

51BUP4uCUbL
Mr. Smart.

Apalah arti MacGvyer tanpa pisau lipatnya. Brilian! Nggak jago berantem tapi bisa diandalkan untuk membuat peralatan-peralatan fungsional dari bahan-bahan di sekitar.

•I Dreamed of Jeanie

51J8CRPN8QL
Jeannie in a bottle.

Kisah genie in a bottle ini mengusung tema fantasi yang cukup menarik untuk disaksikan. I love the theme song.

•Hercules

68284
Son of Zeus.

Tontonan tiap hari Minggu. Hercules sang anak dewa juga manusia begitu dinanti tiap pekannya. Saat itu sih merasa udah keren banget lihat adegan berantem yang ditampilkan. Ditambah setingan zaman dulu jadi satu nilai tambah kenapa saya suka banget nonton series ini.

•Xena, Princess of Warrior

xena_warrior_princess-show
Wondering where is Lucy Lawless this days?

Serupa dengan Hercules, sosok Xena yang super woman juga jadi tontonan wajib. Walau sebenarnya saya lebih suka Hercules sih.

•Baywatch

Baywatch-70874
Parade of sexy man and woman.

Ingat nggak sih zaman Baywatch muncul dan dianggap terlalu seronok untuk ditayangkan. Tapi tetap saja, siapa sih yang nggak tergoda melihat parade manusia-manusia seksi nan rupawan itu.

•Ally McBeal

A_72116
Silly Ally and her co-worker.

I love Ally and her silly attitude. Salah satu serial yang memang bolong-bolong nontonnya, tapi selalu enjoy kalau nonton. Ternyata para pengacara bisa seaneh gitu.

•E.R

Image result for ER series
Awal mula tahu George Clooney.

Momen kepopuleran George Clooney dimulai di sini. Jauh sebelum Greys Anatomy merajalela, saya sudah kepincut E.R atau Emergency Room. Suasana ruang gawat darurat yang chaos dikombinasikan dengan drama antar dokter, suster dan pasien.

•Miami Vice

0608020917
Philip Michael Thomas and Don Johnson.

Bukan pengikut sejati, tapi saya akhirnya ikutan nonton karena papa saya doyan banget sama Don Djohnson dan partnernya yang saya lupa namanya.

•Airwolf

hqdefault
Cannot remember anything about this series.

Sesungguhnya saya sudah lupa-lupa ingat sih mengenai jalan cerita Airwolf. Lumayan ngikutin, tapi ya gitu, kurang terlalu ingat.

•Beverly Hills 90210

BH90210-cast-s1-01
So adorable!

Kalau ini ketularan kakak-kakak saya. Brandon, Brenda, Kelly, Luke, Donna, Steve, dkk bisa dikatakan menjadi cikal bakal serial-serial masa kini.

•Renegade

renegade
Mr. Lamas and his gank.

Jangan ketawa! Pasti pada nonton juga kan si abang Lorenzo dengan motor gedenya.

•Dawson’s Creek

Dawson-s-Creek-Cast-dawson-27s-creek-49381_500_500
I don’t wanna wait…

Jadi ingat tiap kali baca Gadis buat tahu ulasan Dawson’s Creek. Tapi sebenarya sih nggak terlalu into banget sih. Sebenarnya lebih karena teman-teman sekolah pada nonton habis itu saya jadi ketagihan nonton.

•Meteor Garden

meteor garden
F4 plus Barbie Hsu.

Ini random amat ya masuk di list. Tapi saya nggak boleh melupakan serial Taiwan ini. Dulu tuh saya sebel banget lho. Heran banget kenapa orang-orang pada suka F4. Saya pun kena tulah. Suatu malam iseng-iseng nonton dan langsung suka. Parah, habis itu jadi ketagihan dan nggak pernah melewatkan tiap episodenya. Bahkan sampai burning VCD-nya, (yesss masih zaman VCD itu) buat nonton ulang.

The Newest List

Kalau soal kekinian, ada beberapa serial televisi yang lagi saya ikuti, walaupun masih ada yang bolong-bolong. Ini dia daftar panjangnya.

•The Blacklist

Blacklist_Key
Raymond Reddington.

I love this series! Dari episode awal udah intens dan penuh dengan intrik. Kombinasi Raymond Reddington dengan Elizabeth Keen tuh mengingatkan Jodie Foster dan Anthony Hopkins di Silence of the Lambs. Sayangnya saya udah ketinggalan jauh. Musim kedua dan ketiga udah bolong-bolong nontonnya. Makanya sekarang lagi nonton ulang dari musim pertama.

•The Big Bang Theory

image
Bazinga!

Salah satunya serial komedi dengan tema sains dan tokoh-tokoh nerd yang super konyol tapi lucu. Gara-gara nonton The Big Bang Theory jadi tahu tokoh-tokoh di dunia sains, games online, termasuk tokoh-tokoh komik. Karena memang empat pemerannya tergila-gila sama komik, film fiksi ilmiah dan games online. Oh ya, di serial ini ada suit khas mereka yaitu Rock, Paper, Scissors, Lizard, Spock. Lucu deh pokoknya.

image
Never ending series.
Revenge-cast-photo-shoot-01
Revenge stopped at Season 4.
Prison-Break
Isane way to rescue your brother.

Untuk selingan, ada beberapa judul yang on-off nontonnya. Seperti Scandal, Greys Anatomy (ini udah mulai bosan karena banyak yang keluar), Parenthood, Supernatural, Davious Maids, Witches of East End, CSI: New York, Prison Break, Heroes, Leverage, juga Revenge. Selain itu, ada juga beberapa serial yang penasaran untuk ditonton tapi belum kesampean (baca: belum ada waktu) untuk ditonton. Saya penasaran banget nonton Games of Thrones (akhirnya udah kesampaian nonton sampai season 6. This is the best tv series, ever! Saya pasti akan tulis mengenai Got di posting-an berbeda.), American Horror Story, Orange is New Black sama Breaking Bad. Banyak aja maunya. Nggak apa-apa ya!

-PJLP-

Leave a Reply

