Yangon City Tour: Option 3

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Dear Buddha.

Di opsi ketiga ini masih bertalian dengan tempat sakral. Menjadi salah satu objek religi bagi penduduk lokal yang ingin beribadah dan memuja sang Buddha. Adalah Chaukhtatgyi Temple yang dikenal sebagai patung sleeping Buddha sepanjang 66 meter. Ukuran yang masif juga fantastis. Saya kurang tahu juga apakah patung di Wat Pho atau di sini sama besar atau tidak.

Konstruksi patung ini disponsori salah satu orang terkaya di Myanmar, yaitu Sir Po Tha. Ia merancangkan ide ini pada 1899. Gambaran dasarnya patung ini berhasil rampung pada tahun 1907. Namun pada proses pertama beberapa bagian tidak sesuai proporsi yang benar. Posisinya pun terlihat tangannya tidak berpangku di wajah. Bahkan wajah sang Buddha pun menunjukkan ekspresi yang agresif.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Patung Buddha sepanjang 66 meter.
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Guess who?
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Begitu detail ukiran pada telapak kaki sang Buddha.

Pada tahun 1950-an dimulai penyelesaian akhir untuk mengubah gambaran sang Buddha yang tidak sesuai interpretasi awal. Di bawah pengawasan U Thaung, salah satu master di bidang ukiran dari Tavoy akhirnya menghasilkan apa yang sekarang saya lihat ini. Proyek secara keseluruhan rampung pada 1973. Saat ini patung diberi pagar dengan tampak depan disediakan karpet dan altar untuk sembahyang. Ada pot-pot berisi bunga plastik beraneka yang mengelilingi pagar yang mengapitnya.

Berkunjung Chaukhtatgyi Temple jelas memberi efek adem dan nyaman. Kenapa? Karena tidak seperti pagoda yang sebagian areanya di luar ruangan, kuil ini anti sinar matahari karena seluruh tempat ditudungi atap. Dibuat seperti pendopo tanpa pintu dan jendela sehingga angin bisa bebas keluar-masuk. Makanya nggak heran banyak warga yang santai tidur nyenyak saking ademnya di sini. Kami pun termasuk salah satu yang bisa ngaso sebentar (nggak tidur-tiduran lho) di sini.

Di samping menampilkan patung Buddha yang menempati sentra area, kamu juga bisa mengitari ruangan. Di bagian timur terdapat mural pada dinding yang mengambarkan kehidupan sang Buddha di awal kisah hidupnya hingga menjadi sosok yang seperti sekarang ini. Dekat sini kita bisa melihat dekat bagian kaki dari patung, di mana terdapat ukiran yang khas dan bermakna, ya seperti kalau kalian melihat patung Buddha yang menampilkan telapak kakinya.

Di sudut lain hanya berupa ruang lowong. Ada pula gentong-gentong air, seperti yang biasa saya temukan di pagoda-pagoda lainnya. Lalu di sisi barat ada beragam patung-patung suci dalam warna emas. Kebanyakan ukurannya kecil dan sedang. Di sini juga sering saya temui orang-orang yang melakukan puji sembah di depan patung. Tersedia juga kotak berisi uang persembahan. Selebihnya ya nggak ada apa-apa. Tapi lumayan sih bisa mampir ke sini, sekalian membunuh waktu menuju petang untuk menikmati Sule Pagoda dan Shwedagon, Chaukhtatgyi Temple pun tidak ada beban biaya untuk memasuki kuilnya. Nothing to lose-lah. Plus, bisa jadi alternatif kalau nggak ingin berpanas ria mengitari Kota Yangon di tengah hari.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Deretan patung Buddha.
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Area kuil yang luas dan adem.
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Gentong-genton air buat dikonsumsi pengunjung.

Travel Tips:

-Tiket masuk gratis.

-Jam buka 06:00-20:00.

-Kenakan pakaian yang sopan. Tidak diperkenankan mengenakan atasan tangan pendek (yang terekspos bahu), mengenakan bawahan yang pantas (minimal di bawah lutut).

-Tidak diperkenankan menggunakan sepatu, sandal, bahkan kaos kaki ke bagian dalam pagoda (dilepaskan dari pintu masuk).

-Bawa kantong atau recycle bag untuk meletakkan alas kaki, jika tidak ingin menitipkan di rak sepatu yang terdapat di depan pintu masuk.

-Bawa tisu basah untuk membersihkan kaki selepas kunjungan.

-Hormati umat yang sedang beribadah. Jangan membuat kegaduhan. Jangan terlalu ekstrem ketika memotret prosesi ibadah.

-Di bagian depan terdapat tukang jualan, camilan gitu. Ada manisan mangga yang enak itu. Setangkup cuma Kyat 500.

-Bawa air minum secukupnya untuk menghindari dehidrasi akibat hawa panas yang bisa mencapai 40⁰C.

 

Chaukhtatgyi Temple

Shwegondine Rd Tamwe

Chaukhtatgyi Temple

-PJLP-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s