Tokyo From SkyTree

Pemandangan Kota Tokyo dengan Sungai Sumida.

Entah mengapa banyak orang seakan terobsesi dengan ketinggian. Mungkin itu salah satu cara untuk “menaklukkan dunia”. Tahun demi tahun berganti dan makin banyak pula bangunan-bangunan pencakar langit bertebaran di seluruh dunia, menunjukkan keangkuhan dan superiornya. Masing-masing saling mengganti posisi sebagai peraih yang tertinggi, termasuk Jepang.

Sewaktu membaca ulasan mengenai Tokyo SkyTree via dunia maya, perasaan saya sih biasa aja. Maksudnya tidak terlalu excited yang berlebihan gitu. Tapi begitu berhadapan langsung, ah, semua anggapan biasa itu berubah menjadi luar biasa. Terutama ketika berdiri di puncak tertinggi di Kota Tokyo. Should I say itI’m the king (queen) of the world“, just exactly like Jack Dawson did in Titanic? Nggaklah, saya nggak mau bikin malu di negeri orang. Didaulat sebagai menara tertinggi dengan angka 634 m, tentu saja membuatnya nampak memesona. Menara ini berfungsi sebagai bagian dari kegiatan penyiaran, restoran juga dek observasi. Awal dibangun sekitar tahun 2008 dan dipublikasikan secara komersil pada Mei 2012.

Suasana dalam MRT menuju SkyTree.
Tokyo SkyTree Station.
Lower Floor.
Salah satu display yang terdapat di Lower Floor.

Waktu saya ke SkyTree, begitu sapaan akrabnya, menara ini belum terlalu lama dibuka untuk publik. Antrian belum mengular. Di atas juga nyaman dan bebas dari kepadatan pengunjung. Pokoknya menyenangkanlah. Saya yang kala itu menginap di kawasan Akasaka hanya modal naik  subway dan turun di Stasiun Tokyo SkyTree, lalu cuma jalan kaki sebentar trus sampai deh di pintu masuk. Pengunjung benar-benar dipermudah dengan melengkapi fasilitas transportasi yang dekat dengan objek wisata. Untuk akses ke sananya bisa intip di sini.

Dari stasiun cuma jalan sebentar sih menuju area yang fungsinya memberikan gambaran mengenai SkyTree dan kisah historisnya.Di sini juga terpampang mural digital dari Sungai Sumida, salah satu sungai tersohor di Tokyo yang penampakannya bisa dilihat dari atas menara. Lalu di satu bagian ada display besar yang menggambarkan peta dunia dengan berbagai menara tinggi yang ada di beberapa negara. Maksudnya untuk menerangkan bahwa si SkyTree ini yang paling tinggi, saat itu. Di lantai 1F atau Group Lobby Floor ini juga terdapat toko suvenir yang lucu-lucu banget barang-barangnya. Dari pernak-pernik hingga makanan semaunya nampak lucu dan menggemaskan.

Dari lantai 1F itu saya berlalu menuju area 4F dengan menaiki tangga. Area terbuka ini menjadi pintu masuk SkyTree. Di sini biasa dipakai untuk pose narsis berlatarkan menara yang paling tinggi se-Jepang ini. Saking tingginya sampai nggak kedapatan gitu ujungnya di frame. Udah, jangan lama-lama foto di luar, di dalam jauh lebih menarik. Dari pintu masuk akan menghantarkan kita menuju area loket. Jajaran loket untuk menjual tiket tersebar di ruangan ini. Dari yang loket tiket manual, group ticket (terdapat di 1F) hingga web ticket. Untuk reservasi tiket bisa cek di sini. Meja informasi juga tersedia di sini.

Tokyo SkyTree.
Loket tiket.
Souvenir shop.
Salah satu camilan yang dijual di toko suvenir.

Saat saya datang belum terlihat sih antrian pengunjung yang mengular. Mungkin saat itu masih pagi dan SkyTree juga belum terlalu lama dibuka untuk publik. Sebenarnya sih karena saya waktu itu dalam rangka liputan, jadi kami dapat free pass dan bisa melenggang bebas tanpa mesti mengantri dan menunggu lama…hehehe. Anyway, dari area pembelian tiket kami diajak naik lift untuk menuju Tokyo SkyTree Tembo Deck yang setinggi 350 meter. Naik lift dengan bagian langit-langit dari kaca yang menerawang bikin kita bisa melihat pergerakan lift super canggih yang dalam hitungan detik bisa mencapai ketinggian ratusan meter. Seketiba kuping langsung bindeng.

Tembo Deck ini terdiri dari tiga lantai. Floor 350, lantai yang didatangi pertama begitu keluar lift. Kemudian Floor 345 dan Floor 340. Untuk Floor 350 terdapat Tembo Galleria Ticket Counter (iya beda tiket memang kalau mau naik ke level yang paling tinggi), SkyTree Cafe, Painted Folding Screen “Edo Hitomezu Byobu” (semacam lukisan yang menggambarkan suasana sekitar SkyTree pada zaman Edo), Tokyo Space-Time Navigation System (panel layar sentuh yang memberikan gambaran Tembo Deck), Photo Service, Tembo Shuttle (untuk ke Tembo Galleria maupun dari area 4F).

Di Floor 345 tersedia Sky Restaurant 634 yang romantis banget buat makan malam sambil memandang Tokyo dengan lampu kerlap-kerlip. Selain itu kalian bisa membeli suvenir di sebuah toko pernak-pernik. Di sini juga ada toilet serta terhubung dengan shuttle dari Tembo Galleria. Sedangkan Floor 340 tersedia SkyTree Cafe, Photo Service dan satu yang bikin menarik ada Glass Floor. Jadi lantainya dari kaca yang bisa tembus pandang melihat apa saja yang ada di lantai bawah. Merinding-merinding seru gitu pas melewati lantainya. Sensasinya 10 kali lipat lebih menyeramkan dari yang di FX (ya iyalah). Tapi nggak terlalu banyak sih area yang dilapisi lantai kaca ini.

Menikmati Tokyo dengan panorama 360 derajat dari ketinggian.
Tembo Galleria.
Glass Floor.
Sit and still pretty.

Setelah Lower Floors dan Tembo Deck, saatnya menginjakkan kaki di Tokyo SkyTree Tembo Galleria. Ini nih zona yang paling dinanti para pengunjung. Terbagi menjadi dua area, yaitu Floor 450 dan Floor 445. Sorakara Point yang merupakan titik tertinggi yang bisa dicapai pengunjung terletak di Floor 450. Catatan pastinya area ini berada di ketinggian 451.2 meter. Bentangan alam Tokyo terlihat dramatis dari sini.

Di Floor 445 saya melewati Tembo Galleria yang berupa jalan memutar menuju Floor 450 yang sisi terluarnya dilapisi kaca. Jadi sepanjang jalan kita bisa melihat Tokyo dari segala sudut pandang. Fantastislah pokoknya. Di beberapa arae disediakan tempat duduk sehingga kita bisa meresapi betul pemandangan menakjubkan dari ketinggian. Memang sih untuk merasakan pengalaman istimewa ini nggak murah, karena harga tiketnya aja mencapai 400 ribuan (dalam Rupiah). Tapi kalau ingin mencoba sesuatu yang berlainan, ya SkyTree bisa jadi alternatif ketika berlibur di Tokyo.

Tokyo SkyTree

1 Chome-1-2 Oshiage

Sumida, Tokyo 131-0045

Jepang

Tel: +81 570 550 634

www.tokyo-skytree.jp/en/

-PJLP-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s