The Story of Froufrou House

20161119_1648131
Yellow Room.

What a hectic November! Last November. Ceritanya sepanjang November kemarin saya sibuk ngebolang (for business and pleasure) hingga beberapa kali. Total 16 hari di luar Jakarta, dengan catatan tiap weekend kepakai juga.

Nah salah satu akhir pekan di bulan 11 itu saya isi dengan kunjungan singkat ke Bandung dalam rangka menghadiri pernikahan Afif dan Canny (hello newlyweds). Karena malas day trip ke Bandung jadinya memilih menginap semalam. Parner jalan saya kali ini tak lain dan tak bukan adalah Miss Innath. Namanya juga tim woles, kami santai saja persiapannya.

Cuma ada beda pendapat nih di awal. Saya pengen stay di hotel, Inne maunya di AirBnb. Akhirnya kami sepakat memilih opsi kedua dan menjatuhkan pilihan di Froufrou House. Ini adalah kali perdana kami mencoba menginap di AirBnB, jadi sama-sama masih “perawan” nih sama rules and regulations-nya.

Saya langsung suka FrouFrou House begitu lihat sekilas melalui situs resmi AirBnB. Kamar berdinding putih dengan efek batu bata terkesan homey. Harganya pun masih rasional. Setelah cek sana-sini, Inne langsung booked Yellow Room, salah satu nama kamarnya. Saya sih tinggal terima beres saja, ya karena memang lagi di Singapura waktu itu, jadi nggak ada waktu untuk ikutan urus.

Perjalanan ke Bandung ditempuh menggunakan kereta api. Saya memang lebih senang naik kereta api ketimbang naik travel. Dan buat Inne, ini adalah kala pertama dia naik kereta ke Bandung. Perjalanan 3 jam berlalu dengan obrolan seputar pria (apa lagi coba yang menarik) sambil kepanasan karena saat itu Argo Parahyangan yang kami naiki sempat ada gangguan dengan AC-nya. Tiba Stasiun Bandung kami memutuskan makan siang dulu.

Ini adalah salah satu alasan kenapa saya lebih suka naik kereta api ke Bandung.
Sapi Cuka ala Rumah Makan Legoh.
Womans in black.

Saya dan Inne meluncur dari Rumah Makan Legoh yang udah nggak jual Babi Cuka (kecuali dipesan beberapa hari sebelumnya) menuju FrouFrou House di daerah Bojong Koneng, dekat TPU Cikutra. Rada jauh sih daerah pusat kota. Kami pun kurang familiar dengan lokasinya. Mesti dipandu Google Maps untuk sampai di lokasi. Rumahnya ada di Komplek Graha Pura Mas, sebelum Cookies Corner. Rumahnya tepat di pojok jalan, persis di turunan yang cukup curam.

Begitu sampai disambut Mas Pandu, sang pemilik rumah. Ada juga Mbak Wida istrinya dan anak perempuan mereka. Singkat cerita kami diajak tur singkat mengenai rumah yang sedang kosong dari tamu. Begitu masuk ada ruang tamu yang selurusan jalan akan membawa ke dapur. Di sini kita bisa numpang masak dan gratis membuat kopi atau teh yang sudah disiapkan. Mau air putih, silakan ambil sendiri.Titip bahan makanan atau minuman di kulkas juga woles aja.

Room sweet room.
Sudah disiapkan juga handuk dua buah untuk para tamu.
Sofa bed yang bisa jadi extra bed.

Yellow Room berada di lantai dua. Bagian di lantai dua ini tidak terlalu sempit, tapi cukup leluasa. Ada balkon belakang yang bisa buat duduk-duduk santai menjelang sore sambil minum kopi. Pemandangannya ada kebun dan bagian atap rumah tetangga. Tapi hawanya masih sejuk. Lalu ada ruang keluarga yang diisi dengan dua sofa super nyaman dengan bantal-bantal empuk. Kamar kami persis di depan ruang televisi ini. Sebelah ruang televisi ada kamar mandi yang bersih dengan jendela yang memberi udara segar.

Sekarang mengenai Yellow Room. Saya kerasan di kamar ini. Cukup luas dengan perabot yang tak terlalu mencolok namun memberi efek serasa berada di kamar sendiri. Seluruh tembok berwarna putih dengan aksen batu bata. Tempat tidur double bed yang nyaman dengan cover bed dan selimut yang bersih dan tidak bau. Ada sofa bed yang bisa digunakan sebagai extra bed. Lemari dengan kaca yang besar ada di pojokan. Dua jendela yang berbeda tempat memberi sirkulasi udara berjalan baik.

Lorong menuju kamar mandi.
Penampakan di dalam kamar mandi.
Ruang televisi, persis di depan Yellow Room.

Tidak ada alat pendingin ruangan memang, tapi tersedia kipas angin kalau memang tidak tahan panas. Tapi karena hawanya sejuk dan kalau sore ke malam bisa dibilang dingin, sepertinya nggak perlu-perlu amat ada AC. Di kiri-kanan tempat tidur ada meja kecil juga colokan di masing-masing sisinya. Kami sampai mager dan berniat untuk pesan makan malam lewat GoFood aja. Tapi namanya juga anaknya doyan jalan, alhasil kami tetap turun dari tempat tidur dan meluncur ke Sudirman Street.

Untuk kamar mandi ada di luar, cuma beberapa langkah saja dari kamar tidur. Isinya ada shower, termasuk heater. Wastafel tapi nihil cermin, sayang sih. Toiletnya juga duduk. Persis di belakang toilet ada jendela menghadap ke luar. Ada tirai penutup kalau ingin privasi. Di rak dekat sisi wastafel tersedia cotton-bud, panty liners. Ada di rak lain tersedia sabun dan shampoo. Nice bath room sih menurut saya.

Sofa empuk di ruang televisi.
Kita juga bisa menggunakan fasilitas memasak di dapur.
Sistemnya self service ya.

Ruang televisi yang berada persis di depan kamar menyediakan televisi dengan saluran internasional. Bisa puas nonton kapan saja. Sofanya empuk dan super nyaman. Fasilitas WIFI tersedia di seluruh area rumah. Koneksinya pun cukup cepat kok dan jarang eror. Waktu ke sana suasananya juga tenang sih, mungkin karena satu-satunya yang menginap. Dan penghuni tetapnya pun sering keluar rumah, jadi serasa kami yang punya rumah.

Nggak banyak aturan sih selama menginap di sini. Jangan berisik aja kalau di atas jam 10 malam. Kami sempat pulang lewat tengah malam sehabis kulineran di Sudirman Street, tapi sudah disediakan kunci rumah supaya masuk sendiri.

Mungkin kekurangannya cuma agak sedikit sulit untuk memberi arahan ketika memesan taksi online untuk menjemput. Di samping itu nggak bisa berisik seenak jidat ataupun membuat kegaduhan karena ya masih tinggal bersama pemilik AirBnb. Tapi selebihnya kami menikmati waktu inap di FrouFrou House.